Uncategorized
Trending

F3N Anggur Bandung Fasilitasi Giat Gerakan Grafting Massal Swasembada Anggur Indonesia

Gerbangdesanews.com,Bandung | Masyarakat Pecinta dan penghobby budidaya anggur di Indonesia telah berkembang baik dan pesat sejak awal tahun 1990 an hingga saat ini. Dan Masyarakat pecinta dan peng hobby budidaya anggur terus berkembang hingga hampir keseluruhan pelosok daerah kota kabupaten dan desa di Indonesia termasuk Jawa Barat khusus nya wilayah Bandung yang salah satunya ada di Ciburial Neglasari, Cileunyi Bandung yaitu F – Tilu Garden atau biasa disebut juga F3N Anggur Bandung milik dari Keluarga Dr. Liferdi SP. M. Si dan Dr. Nia Kania, SpA MKes (dosen di FK Unpad dan dokter spesialis Anak di RS AMC Cileunyi Bdg)

Dr. Liferdi SP. M. Si dan Dr. Nia Kania SpA MKes menceritakan sejarah berdirinya F – Tilu Garden atau F3N Anggur Bandung berawal dari kesukaan mengkonsumsi buah anggur dan mendapat informasi tentang budidaya anggur yang telah ada dan melihat langsung kebun anggur yang mengembangnya budidaya anggur. Selain itu juga dari profesi ujar Dr. Liferdi SP. M. Si dan Dr. Nia Fania dimana saya juga sebagai ASN dari Kementerian Pertanian RI dan Dr. Nia Kania yang berprofesi di dunia kesehatan sebagai dokter spesialis anak dan juga sebagai seorang dosen kesehatan, hal inilah yang mendorong kami sekeluarga menyenangi budidaya anggur dan berdirilah F Tilu GardeN atau F3N Anggur Bandung di bulan Januari 2023 hingga sekarang.

Dr. Nia Kania SpA MKes juga menjelaskan bahwa dari ilmu kesehatan, pohon anggur dari daun hingga buahnya mempunyai banyak kandungan yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan dari mulai anak balita hingga orang dewasa. Buah Anggur mempunyai nilai yang baik dan cukup tinggi dari nilai gizi untuk anak karena mempunyai kandungan antioksidan, karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin yang cukup lengkap hingga dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Buah anggur sangat praktis untuk dikonsumsi cukup dicuci bersih dan langsung bisa dimakan tanpa harus mengupas kulitnya seperti buah lainnya dan buah anggur mempunyai rasa sangat enak dan menyenangkan banyak variasi jenis rasa karena banyak jenis varian anggur.

Dr. Liferdi SP. M. Si sebagai salah satu ASN – direktur buah dan florikultura di Kementerian Pertanian menambahkan bahwa anggur mempunyai nilai ekonomi tinggi dan keistimewaan sejarahnya yaitu buah anggur adalah buah yang berkelas yang disajikan dan dimakan oleh para raja dan ratu pada jaman kerajaan dahulu. Dengan mengembangkan budidaya pohon anggur di Indonesia sampai bisa swasembada anggur akan membantu pemerintah untuk tidak lagi melakukan import buah anggur.

Untuk dunia pertanian budidaya anggur karena mempunyai nilai ekonomi yang baik atau tinggi, maka akan menarik orang untuk melakukan investasi dan itu akan sangat membantu meningkatkan kesejahteraan para petani pembudidaya anggur dan juga menarik perhatian anak anak muda untuk menjadi petani petani milenial.

Alhamdulillah hari minggu ini tanggal 31 Maret 2023 kami dapat memfasilitasi kegiatan dari ASPAI (Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia) dan KAT (Komunitas Anggur Tangsel) yaitu Gerakan Grafting Massal Menuju Swasembada Anggur Indonesia. Harapan Kami Keluarga F – Tilu GardeN ( F3N Anggur Bandung) dapat ikut berkontribusi dan memberikan manfaat yang baik membantu komunitas masyarakat Indonesia khususnya komunitas Anggur dalam berkarya, berkontribusi dan berprestasi menjadikan Indonesia bisa swasembada anggur, tutup Dr. Liferdi SP. M. Si

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button