Daerah

Mendapati Laporan Rumah Warga Tertimpa Tanah Longsor Pasca Hujan Deras Babinsa bersama Bhabinkamtibmas dan ketua LPM, Langsung Melaksanakan Pengecekan

Sumedang || Gerbangdesanews.com – Babinsa desa Sindanggalih Koramil 1014/Cimanggung Kodim 0610/Sumedang Sertu Sumpriyambudi bersama Bhabinkamtibmas dan ketua LPM, melaksanakan pengecekan tanah longsor pasca hujan deras kejadian yang mengakibatkan salah satu rumah warga bagian belakang milik Sdr. Iye tertimpa sedikit matrial tanah longsor sedangkan rumah diatas tersebut berpotensi longsor yaitu rumah milik sdr Dedi.

Tanah tersebut yang longsor kurang lebih panjang 10 m, tinggi kurang lebih 4 m. di akibatkan dari rembesan air hujan lebat dan konstur tanah yang labil. bertempat di wilayah Dusun Cibulakan RT 01 RW 08, Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung Kab. Sumedang. Rabu(06/02/2024)

Setelah mendapat laporan dari warga setempat, Sertu Sumpriyambudi bersama Bhabinkamtibmas dan ketua LPM langsung mendatangi tempat kejadian bencana tanah longsor yang diakibat oleh hujan dan melakukan koordinasi dengan aparat terkait dalam penanganannya.

Babinsa terjun langsung ke tempat kejadian untuk mengecek dan memantau tanah longsor tersebut guna mencegah hal – hal yang tidak diinginkan serta melakukan koordinasi dengan pemerintah Desa untuk melakukan penanganan pasca terjadinya tanah longsor.

Sertu Sumpriyambudi menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, namun harus tetap waspada dan berhati-hati apabila terjadi hujan deras, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta kerugian yang lebih besar”, Pungkasnya.

Ditempat terpisah, Dandim 0610/Sumedang Letkol Kav Christian Gordon Rambu M.Si(Han) mengatakan Babinsa harus selalu tanggap dan waspada di lapangan sehingga diharapkan anggota terus memonitor dan memantau perkembangan situasi di wilayah binaan masing-masing. Bila mana terjadi hal yang tidak diinginkan, termasuk bencana longsor, maka masyarakat bisa lekas terbantu atau tertolong guna mengurangi resiko kerugian yang lebih besar.

Dandim juga menghimbau masyarakat untuk mengantisipasi akibat dari cuaca ekstrem yang sedang terjadi sehingga dapat mengakibatkan kontur tanah yang gembur kemudian tanah tidak kuat menahan air dan terjadinya longsor dan dapat bertindak cepat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pungkas nya

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button