POLRITNI

Hasil Panen Ikan Melimpah, Dandim 0610/Sumedang Salurkan Satu Ton Bios 44 DC

 

Gerbangdesanews.com || Sumedang, – Berkat hasil panen ikan yang melimpah dengan mengunakan Bios 44 DC sebagai campuran pakan ikan, Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti menyalurkan satu ton Bios 44 DC kepada kelompok budidaya perikanan KJA Jatigede.

Baca juga:Silaturahmi, Kodim 0625/PangandEratkanaran Berbagi Takjil

Hal tersebut disampaikan Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti lewat saluran telepon seluler, Sabtu (08/04/2023).

Dandim mengatakan, beberapa bulan yang lalu para petani ikan di Jatigede merasa resah dengan produktifitas panen yang menurun akibat kematian ikan yang terinfeksi penyakit.

Baca juga:Babinsa Kodim 0610/Sumedang Ungkap Peredaran Narkoba

“Tidak sedikit pembudidaya ikan merugi dalam pengembangan usahanya. Pasalnya benih ikan banyak yang mati terinfeksi penyakit,’’ ujar Dandim.

Baca juga:Kakanminvetcad III/17 Purwakarta Peduli Veteran dan Anak Yatim

Melihat hal tersebut, tim sosialisasi Bios 44 DC menemui para petani ikan untuk menjelaskan manfaat penggunaan Bios DC 44 DC bagi budidaya ikan.

Baca juga:Panglima TNI Dukung Penuh Keamanan Proses Tahapan Pemilu 2024

“Setelah mencoba menggunakan Bios 44 DC sebagai campuran pakan ikan, para petani akhirnya merasakan manfaat yang besar bagi produktifitas budidaya ikan mereka karena bukan hanya menambah nutrisi bagi ikan, namun ternyata Bios 44 DC juga dapat menekan angka kematian yang selama ini meresahkan para petani ikan di Jatigede,’’ jelas Dandim.

Baca juga:Kapolres Sampang Terus Bagikan Sembako Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Sementara itu ditempat terpisah
Ketua Paguyuban Napak Banyu Jatigede Utis (46) mengatakan pemicu timbulnya penyakit diantaranya lingkungan, manajemen budidaya dan perubahan musim.

Baca juga:Tarling Forkopimda Jabar di Kodam III/Siliwangi

Kualitas lingkungan perairan semakin menurun menyebabkan semakin besarnya tekanan yang dialami oleh ikan sehingga ikan mudah sekali terinfeksi penyakit. Penurunan kualitas lingkungan lebih banyak disebabkan karena limbah yang dibuang ke perairan umum tanpa melalui pengolahan terlebih dahulu.

Baca juga:Kenaikan Pangkat, Pangdam Siliwangi Beri Kejutan Hadiah Sepeda Motor

“Setelah menggunakan Bios 44 DC yang dicampur dengan pakan ikan, ternyata ikan memakannya lebih lahap. Jika sebelumnya untuk satu kilogram berisi tiga hingga empat ekor ikan, sekarang hanya dua hingga tiga ekor dalam satu kilogram,’’ terang Utis

Baca juga:Kodim 0602/Serang Bagikan 1000 Paket Makan Sahur Kepada Warga

Lanjut Utis bahwa dirinya sangat merasakan manfaat yang besar saat menggunakan Bios 44 DC bagi budidaya ikannya.

Baca juga:Kodim 0619 Purwakarta, Peringati HUT Persit ke 77

“Ikan juga semakin sehat, kalau dulu banyak terjangkit penyakit asang dan susah untuk mencari obatnya. Sesudahnya ada Bios ini, tidak ada lagi ikan yang mati. Alhamdulillah Bios jadi solusi bagi peningkatan produktifitas ikan di Jatigede ini,” pungkas Utis. (Pendam III/Siliwangi).

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button