POLRITNI

Para Danpussen Apresiasi Pangdam III/Siliwangi, Inisiasi Simpur Gladi Model RC

 

Gerbangdesanews.com || Bandung – Rindam III/Siliwangi mendemonstrasikan latihan gladi model menggunakan remot kontrol di Markas Rindam III/Siliwangi Jl. Menado No.4, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/03/2023).

Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Lukman Hakim menyampaikan bahwa Satuan Rindam III/Slw terus mengupayakan inovasi dan modernisasi sarana prasarana latihan untuk meningkatkan kualitas satuan.

Baca juga:Kodim 0619 Purwakarta, Peringati HUT Persit ke 77

Demonstrasi Simulasi Tempur Gladi Model Remot Kontrol dikolaborasikan dengan Posko Mobile yang sudah diintegrasikan dengan BMS, Dron Tembak, Dron Thermal dan Jammer.

Baca juga:Koramil 1304/Panumbangan Bagikan Takjil Kepada Warga

“Pada kesempatan ini akan didemontrasikan dengan seluruh inovasi yang terkait, termasuk Dron tembak dari Kodim 0611/Garut dengan Indonesia Aerio Camera, dan Dron Thermal ” jelas Danrindam.

Baca juga:RAZIA PETASAN DALAM RANGKA CIPTA KONDISI KAMTIBMAS YANG KONDUSIF DI BULAN SUCI RAMADHAN DI WILAYAH KEC. CIMERAK KAB. PANGANDARAN

Dron tembak yang diberi nama Dron Sangkuriang, dapat membantu mendukung prajurit dalam kegiatan operasi militer. Sementara itu Dron Thermal dan Jammer Mobile yang merupakan inovasi Deninteldam, dapat membantu tugas intelijen pada fungsi pengintaian dalam suatu operasi.

Baca juga:Pangdam III/Siliwangi Gelar Tatap Muka Dengan Korum Dan Persit Yonarmed 5/Pancagiri

Demonstrasi terhadap simulasi tempur gladi model remot kontrol mengambil materi latihan perang darat, yaitu gerilya.

Baca juga:Satgas Yonarmed 5/Pancagiri, Dirikan Jembatan Bambu

Para Danpussen, Dansecapa AD dan Danpusdikcab menyambut baik dan mengapresiasi inovasi gladi model menggunakan remot kontrol inovasi Pangdam III/Slw dan akan diadopsi untuk dijadikan contoh di satuan pendidikan.

Baca juga:Pangdam III/Siliwangi Bahas Kolaboratif dengan Kajati untuk Jawa Barat

Para Danpussen menyampaikan, Cakrawala seluruh LKT akan terus bergerak seiring berkembangnya jenis ancaman, maka setiap Lemdik juga akan adaptif terhadap kemampuan dasar prajurit sesuai tuntutan tugas satuan kedepannya.

Baca juga:Kapolres Sampang Bagikan Sembako Kepada Warga Tidak Mampu Di Kecamatan Camplong

Pada kesempatan itu Danpussen Armed mengungkapkan bahwa, ini merupakan satu terobosan yang luar biasa, contoh yang diberikan Pangdam III/Siliwangi sangat luar biasa, dapat memberikan gambaran kepada kita semua bagaimana sistem ataupun masing masing satuan tempur baik infanteri, armed, arhanud, zeni, satuan tempur dan bantuan tempur serta penerbad juga satuan intel. Dari simulasi dari gladi model dapat kita lihat sistem kerja dari masing masing kecabangan.

Baca juga:Koramil 0607-11/Cibadak Amankan Pemuda Yang Hendak Tawuran

Sementara Dansecapa AD mengatakan, “Setelah saya menyaksikan, saya terinsipirasi kenapa tidak sejak dulu simulasi seperti ini dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, ini sangat luar biasa. Namun yang menjadikan hal tersebut mahal adalah idenya, tutur Dansecapa AD.

Baca juga:Sambut Ramadhan, Kodim 0612/Tsm Bersama Gandara Group Berbagi Dengan Masyarakat

Begitu juga dengan Komandan Kesenjataan Arhanud, dikatakannya kegiatan ini membangun sistem tidak mudah khususnya dengan berbagai matra. “Alhamdulillah Bapak Pangdam melakukan inisiasi bahwa ini akan kita follow up untuk kegiaitan yang lebih besar. Saya mohon kepada Bapak Pangdam untuk terus di Follow Up dan kami dari kecabangan akan mendukung All Out,” ujar Komandan Kesenjataan Arhanud.

Baca juga:Sambut Ramadhan, Kodim 0612/Tsm Bersama Gandara Group Berbagi Dengan Masyarakat

Wadan Kodiklat mengatakan, kami sangat mengapresiasi dari Bapak Pangdam, bentuk simulasi seperti ini sebetulnya sangat membantu Angkatan Darat untuk tetap melatih personel Angkatan Darat untuk terus berlatih, dan ini salah satu hal yang sangat baik sehingga para Komandan Satuan di jajaran Kodam III/Slw terus melaksanakan latihan.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih pada kegiatan hari ini, yang mana ini merupakan inovasi baik, patut ditiru untuk kedepannya, inilah salah satu cara untuk kita tetap bisa berlatih,” imbuh Danpusdikkav.

“Ide ini sangat luar biasa, selama ini kita selalu bergelut dengan kedepan ini teknologi namun belum terwujudkan, inilah wujud yang dilakukan oleh Pangdam, saya harapkan ini dapat dilaporkan karena ini meliputi multi corp, bahwa ini jadi role model sehingga nantinya Angkatan Darat yang mengambil inisiasi ini,” ungkap Wadan Pussenif.

Baca juga:Melalui Seni Budaya, Rakyat dan TNI Bersatu

Pangdam III/Slw menyampaikan akan terus mengembangkan hasil inovasi tersebut berdasarkan tipologi, dinamika dan kebijakan serta menjadikan saran dan masukan para Danpusen dan Danpusdik sebagai bahan penyempurnaan.

Baca juga:Tingkatkan keimanan dan Mental, Anggota Polsek Cicalengka Terima Siraman Rohani Rutinan

Hadir pada kegiatan tersebut Wadan Kodiklat, Wadan Pussenif, Dansecapa AD, Danpusenarhanud, Danpusenarmed, Danpusenkav, Kasdam III/Slw, Irdam III/Slw, Kapoksahli Pangdam III/Slw, Dirdok Kodiklatad, para Asisten Kasdam III/Slw, Dan/Kabalakdam III/Slw dan para Danyon Jajaran Dam III/Slw. (Pendam III/Siliwangi).

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button