TNI

Prajurit Kodam III/Siliwangi Patriot NKRI Yang Profesional Siap Mendukung Pembangunan Nasional

Serang Banten, gerbangdesanews.com- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo diwakili Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul, membuka Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam III/Siliwangi yang berlangsung di pantai Anyer, Serang-Banten, Rabu (01/03/2023).

Rapim Kodam III/Siliwangi kali ini mengusung tema “Prajurit Kodam III/Siliwangi Patriot NKRI yang Profesional Siap mendukung Pembangunan Nasional”, merupakan tindak lanjut dari Rapim TNI- Polri dan Rapim TNI AD yang sebelumnya telah dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Rapim diharapkan menjadi forum sharing bagi para pimpinan jajaran Kodam III/Siliwangi atas kebijakan dan hal-hal lainnya yang terkait pelaksanaan tugas di Tahun 2023 guna ditemukan solusi terhadap setiap permasalahan sehingga output Program Kerja dan Anggaran tahun 2023 lebih baik dari tahun sebelumnya.

Rapim Kodam III/Siliwangi merupakan sarana untuk menyamakan visi dan persepsi terkait dengan kinerja Kodam III/Siliwangi, garis besar kebijakan pimpinan, serta masalah-masalah krusial yang harus dituangkan dalam program kerja dan anggaran Tahun 2023. Sekaligus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran Kodam III/Siliwangi TA. 2022.

Pangdam III/Siliwangi dalam arahannya melalui Video Conference (Vicon) dari ruang Puskodalops Kodam III/Siliwangi Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar menyampaikan bahwa seorang pemimpin harus selalu berada di tengah-tengah anak buah untuk membangkitkan jiwa korsa dan profesionalisme prajurit. Pemimpin harus berani mengambil resiko, berkorban dan berani tidak terkenal tetapi banyak menimba ilmu.

Pangdam pun menyoal terkait mindset saat ini tentang parameter keberhasilan pembangunan yang sebatas pada serapan anggaran serta diksi bahwa pembangunan urusan pemerintah. Menurut Pangdam hal tersebut keliru, “Kita menjual konsep TNI AD agar masuk ke program pemerintah sampai ke tingkat Desa. Kita sedang perjuangkan program penanggulangan sampah sebagai program Angkatan Darat karena alatnya (mesin pengolah sampah) sudah dimiliki oleh Angkatan Darat yaitu Kodam III/Siliwangi,” jelas Pangdam.

“Mesin pengolah sampah tersebut mampu mengolah sampah menjadi briket untuk bahan bakar mendapat apresiasi menteri Lingkungan Hidup RI Ibu Siti Nurbaya saat mesin tersebut ditampilkan di gedung Manggala Wanabakti Jakarta pada 16 Februari 2023,” sambung Pangdam.

Oleh karena itu Pangdam perintahkan kepada para Dandim agar berani mensosialisasikan konsep TNI AD tersebut kepada pemerintah daerah setempat sampai ke tingkat Desa sehingga bisa masuk dalam program.

Pada kesempatan itu Pangdam diwakili oleh Kasdam memberikan piagam penghargaan kepada Kodim 0610/Sumedang atas keberhasilannya menjadi Kodim terbaik yang mampu mengakselerasi Pemda setempat dalam penanggulangan Stunting tingkat Nasional tahun 2022.

Rapat Pimpinan Kodam III/Siliwangi dihadiri Irdam dan Kapoksahli, para Danrem, Asrendam, para Asisten, para Dansat dan Kabalak, para Dandim serta para Danyon jajaran Kodam III/Siliwangi. (Pendam III/Siliwangi).

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button