Daerah

Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Lantik Ketua pengurus Koperasi Wilayah Jawa Timur

SURABAYA, geebangdesanews.com.Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia melantik Ketua pengurus Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) untuk wilayah Propinsi Jawa Timur (Jatim), dengan masa bakti 2022-2025.(15/02/23)

Bertempat di hotel Bisanta Surabaya, Rabu 15 Febuari 2023. Pelantikan Ketua Wilayah Jawa Timur (Jatim) yang di Ketua oleh H Mubin SH, M, Hum, dalam pelantikan dan pengukuhan Dekopin Wilayah Jatim ini, dipimpin dan disahkan langsung oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia Dr (H.C) Drs H.A. M Nurdin Halid.

Dalam jumpa Pers Mubin SH, M, Hum menyampaikan, terima kasih dan segera menjalankan amanah memimpin roda organisasi kepengurusan.

Termasuk kepada pembinaan anggota koperasi secara estafet, sebut Mubin roda kepemimpinan juga sudah merangkul beberapa lembaga dan instansi terkait dengan lakukan MOU soal ketahanan pangan dan melakukan pembinaan terhadap koperasi tak sehat termasuk sanksi dan penindakan melalui adanya musyawarah kepemimpinan.

Selian itu, lanjut Mubin, Dekopinwil dalam hal MOU kerjasama dengan tenaga akuntan bertujuan guna langkah konkrit terkait management. Dan dalam proses mendatang juga segera bentuk kaderisasi koperasi pemuda melalui Badan Komunikasi Pemuda Koperasi (BKPK).

“Bagaimana BKPK nantinya akan mampu mencetak kader koperasi yang memiliki kemampuan dalam merespon Revolusi Industri 4.0 melalui Koperasi Mahasiswa (Kopma) di masing-masing universitas. Terutama terhadap PTN/PTS yang sudah melakukan MoU dengan Dekopinwil Jatim yang sudah memiliki Kopma,”imbuhnya.

“Ketahanan pangan secara nasional khususnya di Jawa timur, lewat budidaya holtikultura, perkebunan di Jawa Timur bisa memberikan warna terhadap pasar secara nasional, khususnya koperasi yang membidangi perikanan, peternakan khususnya ketahanan pangan,”jelasnya.

Pada acara tersebut, juga dihadiri oleh Gunawan Saleh sebagai Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda provinsi Jawa Timur (Jatim) yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa, serta dari Pemkot Surabaya.

Mohammad Gunawan Saleh, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur menyampaikan dukungan ekonomi inklusif secara signifikan didapat pertumbuhan perekonomian Jawa timur mencapai Rp 2.730 Triliun pada tahun 2022 dengan kontribusi sebesar 24,99 persen terbesar kwdua di pulau Jawa.

Artinya, kata Gunawan, pengaruh terbesarnya merupakan peran aktif ekonomi inklusif berbasis kerakyatan.

Lebihnya, menurut Gunawan peran strategis dari adanya koperasi UMKM juga berdampak langsung terhadap kontribusi dan siklus perekonomian Jawa Timur sebesar 57,81 persen di tahun 2021

“Atas nama Pemprov Jatim saya ucapkan selamat dan terima kasih atas terlaksanya pelantikan dan pengukuhan peran Dekopin Pusat kepada pengurus Dekopin wilayah provinsi Jatim membangun kesejahteraan bersama,”tambahnya.

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, mengatakan, kerjasama dengan berbagai instansi terkait dan bersama instansi pendukung lainnya, mampu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya serta memberikan ruang kepada pelaku koperasi, dengan itu, maka mampu memberikan cita-cita koperasi bisa terlaksana dan terpenuhi.” Jelas, Nurdin.

“Kerja sama dengan berbagai instansi terkait dan bersama instansi pendukung lainnya, mampu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya serta memberikan ruang kepada pelaku koperasi, dengan itu, maka mampu memberikan cita-cita koperasi bisa terlaksana dan terpenuhi,”jelasnya.

menurut Nurdin Halid secara konstitusi sudah sah baik melalui mekanisme maupun proses anggaran dasar Dewan Koperasi. Yakni, diatur dalam Keppres no.6 tahun 2011 yang ditandatangani presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Salah satu yang diatur dan dicantumkan terkait syarat sah pokok adalah terkait pengesahan dan proses kelembagaan sudah melewati Munas 2019 di Makasar, terpilih Ketum bernama Nurdin Halid, dan untuk Muswil serta Musda dinyatakan sebagai musyawarah kepemimpinan, itu yang tercantum dalam Keppres no.6 tahun 2011 dan dilaksanakan Dewan Koperasi Indonesia,” beber Nurdin terkait fakta perjalanan roda kepengurusan Dekopin

Tak hanya itu, Ketua Pemberdayaan UKM, dan Keanggotaan Koperasi Wilayah Jatim M Oscar SE mengatakan, Pengukuhan, dan Pelantikan Ketua Dekopin Wilayah Jatim, serta seluruh pengurus Dekopin Wilayah jatim berjalan lancar dan sukses. Acara ini juga dihadiri langsung Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Dr (H.C) Drs H.A. M Nurdin Halid.

Syukur alhamdulillah acara pengukuhan dan pelantikan Dekopin Wilayah Jatim ini, berjalan dengan baik dan sukses,”pungkasnya.(Red/)

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button