TNI

Kodim Sumedang Hijaukan 1,3 Hektar Area Greenbelt Bendungan Jatigede Dengan Tanami Jagung

Sumedang, gerbangdesanews.com– Upaya untuk mendukung konservasi Ruang Terbuka Hijau (RTH), Kodim 0610/Sumedang melakukan penanaman jagung hibrida di area Greenbelt bendungan Jatigede, Sumedang Jawa Barat, Kamis (09/2/2023).

Hal tersebut dikatakan Dandim 0610/Smd Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti saat dikonfirmasi di Kantor Kodim Sumedang Jl. Pangeran Kornel No. 164 Pasangrahan Baru l, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jum’at (10/02/2023).

Penanaman jagung di area Greenbelt bendungan Jatigede merupakan hasil kerjasama BBWS Cimanuk Cisanggarung dengan Kodim 0610/Smd dengan luas tanah sekitar 1,3 hektar.

“Kemarin hari Kamis (09/02/2023) Kodim bersama BWWS melakukan penanaman jagung pada lahan 1,3 hektar, dilakukan tanpa mengganggu fungsi utama bendungan sebagai tampungan air.  Ke depannya akan kita perluas lagi sesuai hasil koordinasi dengan pihak BWWS,” ujarnya.

Selain berfungsi untuk penataan lingkungan di sekitar bendungan, Greenbelt juga bermanfaat untuk menciptakan ruang terbuka hijau (RTH). Sebagai bendungan kedua terbesar di Indonesia, Jatigede memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan bendungan lainnya.

Pemandangannya indah menyerupai Raja Ampat, juga terdapat masjid megah Al – Kamil yang menarik dan ramai dikunjungi saat liburan. Jika ekosistem bendungan terjaga dengan lingkungan yang indah dan asri akan meningkatkan estetika serta memunculkan karakteristik tersendiri.

Selain mendukung program TNI AD dalam ketahanan pangan, kegiatan pembukaan lahan baru dan penanaman jagung tersebut diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kita berharap nantinya ada nilai ekonomis bagi warga. Dengan hasil panen yang baik, tentu taraf hidup warga sekitar akan meningkat,” ucapnya.

Diharapkan gerakan tersebut menjadi pemicu bagi instansi lainnya untuk bersama-sama menciptakan lingkungan Jatigede yang bermanfaat dan bernilai ekonomis untuk kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Jatigede.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Danyon Raider 301/Pks, Kepala Dinas Pertanian, unsur Forkopimcam Jatigede, para Danramil jajaran Kodim 0610/Smd, Ibu-ibu Persit KCK Cabang XXI Koorcabrem 062 serta sejumlah tokoh masyarakat. (Pendam III/Siliwangi).

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button