TNI

Pangdam Siliwangi Apresiasi Budidaya Ikan Yang Dilakukan Kodim Purwakarta

Purwakarta, gerbangdesanews.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengapresiasi Kodim 0619/Purwakarta beserta PLN Nusantara Power yang telah mengaplikasikan bio organik Bios 44 DC pada budidaya ikan lele dan nila di Desa Citamiang, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi saat dihubungi awak media lewat saluran telepon seluler, Rabu (08/02/2023).

Apresiasi disampaikan saat mengunjungi Bioflok Ketahanan Pangan Program Bios 44 DC, yang merupakan kerjasama antara Kodim 0619/Purwakarta dengan PLN Nusantara Power pada Selasa (07/02/2023).

Pada kesempatan tersebut Pangdam melaksanakan peninjauan, mendengarkan testimoni serta melakukan tebar benih ikan lele. Diprediksi ikan lele akan siap panen pada enam sampai tujuh pekan ke depan, lebih cepat dari periode normal panen lele yang biasanya dilakukan pada delapan sampai sembilan pekan.

“Penggunaan Bios 44 DC merupakan kelanjutan dari Rakornas untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian dengan pendekatan teknologi dalam rangka menekan dampak inflasi,” kata Pangdam.

Kodam III/Siliwangi telah bekerja sama dengan beberapa pemerintah daerah di Jabar dan Banten untuk meningkatkan potensi ekonomi daerah, diantaranya budidaya lele sistem bioflok di Kabupaten Purwakarta oleh Kodim 0619/Purwakarta.

“Tingkat keberhasilan Bios 44 DC, telah dibuktikan pada budidaya lele dengan sistem bioflok dimana periode pertumbuhan dan waktu panennya menjadi lebih cepat,” ujar Panglima.

Penggunaan Bios 44 DC juga memberikan suatu kesempatan terhadap munculnya lapangan pekerjaan baru, mengedukasi masyarakat serta menciptakan peluang kerja sama berbagai pihak.

Pada kesempatan itu, Pangdam memberikan bantuan 100 paket sembako kepada warga lansia, duafa dan anak yatim. Tak ketinggalan, juga diberikan Bios 44 DC kepada para petani dan kompor biomassa kepada penerima manfaat.

Turut Hadir pada kegiatan tersebut, Kapoksahli Pangdam III/Siliwangi, Danrem 063/SGJ, Danrindam III/Siliwangi, para Asisten Kasdam III/Slw, Pa LO TNI AU dan AL, para Dan/Kabalakdam III/Slw, Dandim 0619/Purwakarta, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, dan Kapolres serta Wakil Bupati Purwakarta. (Pendam III/Siliwangi).

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button