TNI

Denpom III/5 Bandung Gelar Opsgaktib Di Kodim 0618/Kota Bandung*

Bandung, gerbangdesanews.com– Upaya preventif terhadap kemungkinan pelanggaran prajurit, belasan personel Satuan Pelaksana Penegakan Hukum dan Pengawalan Denpom III/5 Bandung Pomdam III/Siliwangi (Satlakgakkumwal) dipimpin Kapten Cpm Hari Manggala Yudha, selaku Dansatlak Gakkumwal melaksanakan Operasi Penegakan Tata Tertib (Opsgaktib) di Kodim 0618/Kota Bandung, Jl. Bangka No. 2 Kota Bandung Jabar, Jum’at ( 27/01/2023).

Pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan Anggota TNI.
Pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan Anggota TNI.

Opsgaktib diikuti seluruh prajurit dan PNS Kodim 0618/Kota Bandung termasuk pengecekan kendaraan bermotor roda empat dan roda dua baik kendaraan dinas maupun pribadi bertempat di lapangan apel Makodim.

Pada pelaksanaan Opsgaktib tersebut dibantu oleh Provos satuan. Satu persatu kelengkapan Nyata Diri tiap personel dan kelengkapan surat-surat kendaraan diperiksa. Pemeriksaan kelengkapan kendaraan meliputi lampu-lampu, rem dan lainnya tidak luput dari pemeriksaan petugas.

Tindakan yang dilakukan terhadap personel yang masih belum lengkap surat-surat ataupun kelengkapan pada kendaraannya, petugas memberikan teguran dan catatan. Selanjutnya diberikan toleransi waktu untuk melengkapinya, dengan harapan berikutnya sudah tidak ditemukan lagi prajurit dan PNS Kodim 0618/Kota Bandung yang tidak melengkapi surat-surat kendaraan ataupun surat-surat kelengkapan nyata diri.

Dandenpom III/5 Bandung Letkol Cpm Dr. Harjono Pamungkas, P., S.H., M.H., menyampaikan, bahwa Kegiatan Opsgaktib ini bertujuan membantu Komandan Satuan dalam meningkatkan ketaatan hukum, disiplin dan tata tertib prajurit dan PNS di satuannya masing-masing khususnya terhadap ketentuan dalam berkendara baik dinas maupun pribadi.

Dikatakannya, Opsgaktib tersebut merupakan bagian kegiatan pengamanan tubuh yang bertujuan untuk menekan tindak pelanggaran disiplin lalu-lintas maupun pidana ringan lainnya yang dilakukan prajurit dan PNS.

“Setiap prajurit dan PNS diharapkan sudah melengkapi surat-surat nyata diri seperti KTA, SIM Umum, SIM TNI, STNK, BNKB, Surat Keterangan Pemegang Senjata Api bagi yang memegang senjata api dan Surat Ijin Keluar Markas pada waktu jam dinas,” jelasnya.

Kgiatan Opgaktib dalam satuan akan dilaksanakan di tiap-tiap satuan yang ada di wilayah kerja Denpom III/5 Bandung secara bergiliran, sedangkan untuk satuan di wilayah Cimahi dilaksanakan oleh Subdenpom III/5-1 Cimahi. (Pendam III/Siliwangi).

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button