Desa

Tanggapan Pemberitaan Kades Dano Garut di Akun Bloger Menuai Kontroversi Dinilai Kangkangi UU Pers

Ketua Jabadar Akhirnya Angkat Bicara

GARUT, gerbangdesanews.com-Dilansir dari Jabadar.com- Mencuatnya statment yang dikemukakan Kepala Desa Dano, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Anden di akun Blogger PROPRAGANDIS NEWS, atas klarifikasi pemberitaan yang dimuat di salah satu media online, dinilai ngaco dan menuai kontroversi dikalangan insan pers.

Pasalnya hak jawab yang dikemukakan Kades Dano pada Blogspot tersebut menurut Pemimpin Redaksi media mataperistiwa.id Agus Wahyudin SE, tidak relevan.

“Seharusnya kepala Desa Dano menempuh pedoman hak jawab, sesuai pada pasal 10 peraturan Dewan Pers Nomor: 6/Peraturan-DP/V/2008 tentang Pengesahan Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 03/SK-DP/III/2006 tentang Kode Etik Jurnalistik” ungkapnya, Senin (16/01/2023).

Agus juga menandaskan selain kepada Redaksi yang bersangkutan, pihak yang merasa dirugikan bisa mengklarifikasi kepada Dewan Pers jika penuhi unsur bisa juga lapor ke polisi.

“Semuanya sudah diatur dan di jelaskan dalam UU No 40 Tahun 1999 bahwa dalam BAB IV PERUSAHAAN PERS, Pasal 9, “Setiap warga negara Indonesia dan negara berhak mendirikan perusahaan pers
dan setiap perusahaan pers harus berbentuk badan hukum Indonesia.” Tandasnya.

Hal senada dikemukakan Ketua Forum Jurnalis Jabadar, Sandy Friyadi saat berhasil diminta tanggapannya.

” Jika mengkaji pemberitaan yang disuguhkan Wartawan mataperistiwa.id tentang penerapan DD Dano, hemat saya hal wajar sesuai tupoksi jurnalis sebagai kontrol sosial, narasinya saya rasa sudah penuhi kaidah pemberitaan” jelasnya.

Sandy juga menyayangkan langkah yang ditempuh Kades Dano dalam menjawab karya jurnalistik.

” Langkah Kades Dano berargumen pada blogspot yang disebut, pernyataannya memang terkesan sangat tendensius dengan menyebut UU yang tidak dijelaskan. Semua ada koridornya, tinggal ditempuh sesuai aturan. Jangan asal cuap” pungkasnya.

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button