Daerah

diduga Anggaran kegiatan Pelestarian Kesenian Tradisional tahun 2020 Bancakan

PURWAKARTA | Gerbangdesanews.com – Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, diduga anggaran pelaksanaan kegiatan pelestarian kesenian tradisional sejak tahun 2020 menjadi bancakan.

Kesenian dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia.

Dana tersebut merupakan anggaran untuk melakukan kegiatan di delapan Kecamatan. Namun, kata Dindin Ibrahim Mulyana Kabid Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud), anggaran tersebut telah digunakan untuk kegiatan kesenian di delapan Kecamatan selama Covid-19 secara virtual.

“Kan itu sudah dilakukan secara virtual, waktu itu masih Covid-19,” kata Dindin Ibrahim Mulyana, saat ditemui di kantornya. Senin (24/10/2022).

Sementara pada kenyataannya anggaran tersebut persatu kegiatan sebesar Rp Rp 55.000.000,00 (lima puluh lima juta rupiah). Camat Cibatu Kosim mengatakan, bahwa kegitan kesenian itu memang tidak pernah ada sejak tahun 2020.

“Kegiatan itu memang tidak ada sejak tahun 2020, selama saya jadi Camat,”ujar Camat Kosim, saat di konfirmasi melalui seluler.

Namun, adanya anggaran yang diberikan untuk satu kegiatan jelas memiliki indikasi adanya penyalahgunaan atau penyelewengan anggaran negara. Selain itu dia menduga anggaran tersebut menjadi bancakan.

Ada kemungkinan adanya orang lain yang bermain sebagai dalang dibalik di dinas tersebut.

Menurut Pemerhati Agus Yasin, mengungkap dugaan penyelewengan atau penilapan uang kegiatan itu harus segera ditangani. Apalagi, menurutnya, merupakan salah satu sarana yang bisa membantu masyarakat mensejahterakan rakyat. (Red)

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button