Daerah

Kades Legoksari Mengapresiasi Pembangunan Rehabilitas dan Pemeliharaan Irigasi Usaha Tani

PURWAKARTA | Gerbangdesanews.com – Rehabilitasi dan pemeliharaan irigasi usaha tani dari Kementerian Pertanian besar manfaatnya bagi keberlangsungan para petani.

Kegiatan tersebut juga diyakini mampu meningkatkan produktivitas dan memperluas area tanam padi, sehingga berdampak pada stabilitas ketahanan pangan di Indonesia.

Rehabilitasi irigasi yang tengah dilakukan Kelompok Tani Anugerah di Kampung Cirakoneng, Desa Legoksari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sangat merasakan dampak positif, bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian sebesar Rp72 juta tersebut.

“Sekarang masih dalam pengerjaan tapi tidak lama lagi akan selesai, ketika sudah selesai nanti para petani bakal merasakan manfaat dari perbaikan ini,” ungkap Ketua Kelompok Tani Anugerah, Desa Legoksari, Darangdan, Purwakarta Ali Santana, Rabu 28 September 2022.

Ia mengatakan, rehabilitasi dan pemeliharaan irigasi sepanjang 160 meter dengan ketinggian sekitar 80 sentimeter ini meminimalisasi terjadi luapan air ke badan jalan atau area sawah milik petani.

Karena kondisi saluran irigasi hari ini dapat dikatakan normal untuk menampung debit air, terutama ketika turun hujan.

“Perbaikan ini mendapat respon postif dari aparatur pemerintah desa terutama Kepala desa Legoksari Bapak “Cecep Hamim”, karena bisa meningkatkan kualitas pertanian menjadi lebih baik serta sarana akses jalan yang rapih menjadi lebar terutama jalan menuju tempat pemakaman umum (TPU)

Selain itu, ia menyebut total area persawahan teraliri 50 hektar lebih berlokasi di Desa Legoksari dan Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Total luas area persawahan tersebut akan menghasilkan gabah kering giling untuk ketahanan pangan warga Purwakarta.

“Kami mengajukan perbaikan karena pemeliharaan sangat dibutuhkan, sehingga pasokan air ke persawahan lebih stabil,” ujar Ali.

Ali juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah maupun pemerintahan desa yang turut mendukung terealisasinya bantuan rehabilitasi dan pemeliharaan irigasi usaha tani.

Rehabilitasi akan segera dituntaskan dan para petani maupun warga pada umumnya benar-benar merasakan dampak positif dari bantuan ini.

 

Red

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button