POLRI

Adakan Latihan Pengenalan dan Pemasangan Alat Selam SAR Satbrimob Polda Kalbar*

Dalam Pengenalan dan Pemasangan Alat Selam SAR Satbrimob Polda Kalbar,Adakan Latihan

Pontianak,Kalbar,gerbangdssanews.com
Personil Batalyon B Pelopor  melaksanakan kegiatan latihan SAR Materi Scuba Diving (Pengenalan dan Pemasangan Alat selam) mako Batalyon B Pelopor, Senin (05/09/22)

Search And Rescue (SAR) Polri adalah kemampuan anggota Polri dalam ikatan tim, unit atau satuan meliputi usaha dan kegiatan pencarian dan pertolongan terhadap korban manusia akibat bencana, musibah pelayaran, penerbangan, atau musibah lainnya. Latihan SAR Scuba Diving ini dpp Danki 1 AKP Imam Krismawan dengan Instruktur SAR Brigadir Renjani Rizekan, Briptu Riza Purnama Akbar, Bripda Aqil Okta Yolanda.

Tantangan gangguan Kamtibmas yang terjadi saat ini bukan hanya disebabkan oleh faktor alam ataupun manusia saja akan tetapi dihadapkan adanya perkembangan tehnologi yang pada saat ini sudah menjangkau ke pelosok tanah air. Adanya perkembangan organisasi pemuda, pelajar, dan mahasiswa maupun organisasi lainnya dalam menempuh rimba laut dan pendakian gunung yang sangat mungkin timbulnya musibah yang memerlukan bantuan SAR. Juga akhir-akhir ini banyak sekali kejadian-kejadian bencana alam yang merugikan harta benda bahkan nyawa manusia.

Dalam hal banyak musibah dan bencana alam yang dapat berdampak pada gangguan timbulnya gangguan Kamtibmas. Polri mempunyai tugas pokok sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat diharapkan memiliki keterampilan dan kemampuan dalam rangka memberikan dukungan maupun berperan untuk melakukan pencarian dan pertolongan dengan misi penyelamatan pada pagelaran operasi Search And Rescue (SAR).

Dalam menunjang kemampuan dan keterampilan SAR diperlukan kemampuan lainnya yaitu kemampuan mountaineering dan kemampuan Pionery. Kedua kemampuan tersebut diperlukan dalam rangka pencarian dan penyelamatan korban baik di wilayah darat, air dan udara. Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan adalah peluncuran, merayap tambang, turun tebing, lilit kait, cara mengatasi kesulitan, ilmu medan, peta dan kompas serta menguasai pengetahuan GPS (Global Positioning System).

Penulis:Aden
Sumber:Humas Brimob Polda Kalbar

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button