TNI

Peringati Hari Mangrove Sedunia, Lanal Ketapang Tanam Mangrove Di Kampung Bahari Nusantara Pulau Cempedak Kendawangan Kalbar

Ketapang,Kalbar, gerbangdesanews.com – Kembali Lanal Ketapang pada Selasa (26/7/2022) menyelenggarakan penanaman mangrove Nasional secara serentak dalam rangka memperingati hari Mangrove Sedunia bertempat di Kampung Bahari Nusantara Lanal Ketapang yang beralamat di dusun Pulau Cempedak Desa Kendawangan Kiri Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang Kalbar.

Dengan tema ” Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional secara serentak TA 2022, TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Global.

Penanaman mangrove yang diikuti lebih dari 100 orang peserta berlangsung tertib dan aman.

Dalam arahannya Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M. Tr. Opsla mengatakan ucapan terima kasih dan rasa bangga atas terselenggaranya acara penanaman mangrove serentak secara nasional yang diselenggarakan di kampung Bahari Nusantara binaan Lanal Ketapang ini, serta ucapan terima kasih juga kepada masyarakat pulau cempedak yang antusias mendukung acara ini sehingga berjalan dengan baik.

Ditambahkan Danlanal ” penanaman mangrove hari ini dalam rangka memperingati hari Mangrove Sedunia yang tepat jatuh pada tanggal 26 Juli 2022, selain itu pula tujuan penanaman mangrove serentak untuk mendukung program pemerintah dalam rangka memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut yang diarahkan pada penyiapan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan ketahanan Negara.
Lebih lanjut dikatakannya untuk sasaran penanaman mangrove secara Nasional pada hari ini adalah agar terwujudnya kerja sama yang baik antara komponen bangsa serta terjalinnya kemanunggalan TNI AL dan rakyat.
Danlanal juga mengatakan bahwa penanaman mangrove Nasional serentak pada hari ini diperkirakan mencapai 1.000.337 bibit yang tersebar di 77 lokasi jajaran TNI AL diseluruh Indonesia.
” Untuk itu Lanal Ketapang beserta instansi terkait akan terus melakukan konservasi di pulau cempedak ini serta pulau pulau kecil lainnya di wilayah kerja Lanal Ketapang,” tutupnya.

Sementara itu Bupati Ketapang melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Junaidi Firrawan mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove Nasional serentak yang dilaksanakan oleh Lanal Ketapang di pulau cempedak desa Kendawangan Kiri Kecamatan Kendawangan, ” Kami dari Pemerintah Kabupaten Ketapang akan mensuport dan berkomitmen untuk mendukung kegiatan penanaman mangrove ini, dan berharap penanaman mangrove tidak hanya di pulau cempedak saja tetapi ditempat lainnya yang ada di Kabupaten Ketapang yang nantinya akan berdampak pada anak cucu kita yang akan menikmatinya, serta berharap pula ada kerja sama semua instansi pemerintah baik Kabupaten, Kecamatan serta TNI-Polri, ” pungkasnya.

Selain Forkopimda, Forkopimcam juga hadir beberapa instansi lainnya seperti Kejaksaan, BPBD, Bea Cukai, Syahbandar Pelabuhan Kendawangan, Pol Air Kendawangan, PSDKP, Perwakilan Pemdes Kendawangan Kiri, KUPT Dinas Pertanian Kendawangan, Kepsek SMKN Kendawangan, Kwaran Kendawangan, Perwakilan Yayasan Webe, Perwakilan Yayasan IARI serta perwakilan pihak perusahaan BGA dan WHW.

(Rillis)

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button