Daerah

AGROWISATA ANGGOLA GARDEN, Pertanian Modern & Problematika Budidaya Anggur Indonesia*

Wisata Pertanian Anggur Ciomas

Bogor, gerbangdesanews.com-Ciomas merupakan nama sebuah wilayah di Kabupaten Bogor, yang telah terkenal sejak dahulu tentang kesuburan lahan pertaniannya. Nama Ciomas diambil dari sebuah nama sungai, yang mata airnya  berasal dari Gunung Salak. Dalam ejaan lama Tji Omas yang berarti Air Emas. Sejarah Panjang Ciomas telah tercatat dengan baik dan menjadi bagian penting perkembangan di Wilayah Bogor , yang sering kita sebut sebagai Kota Hujan.

 

Dan saat ini tepatnya di jalan Sawah Baru Kelurahan Laladon Kecamatan Ciomas telah berdiri  Icon Agrowisata Pertanian Modern yaitu Anggola Garden. Anggola Garden Berdiri pada tahun 2021, dimana Agrowisata ini secara khusus membangun pertanian modern untuk tanaman pohon anggur. Wisata Petik Anggur langsung dari Pohonnya di agrowisata Anggola Garden menjadi sesuatu hal baru dan spesial yang menjadi pembicaraan masyarakat khususnya di dunia pariwisata dan pertanian khususnya.

 

Anggola Garden Membangun Pertanian Modern Green House khusus anggur di atas lahan dengan Luas +/- 1 hektar dan luas pembangunan green house pertanian anggur modern +/- 5.000 m² , ungkap Ekky Tangerang Grape

 

Ekky menjelaskan bahwa dirinya dan 4 rekannya, saat ini dipercaya oleh Agus Sunandar, owner Dari Agrowisata Anggola Garden untuk menjadi pengelola dari  Pertanian modern  green house Anggur Anggola Garden. Agrowisata Anggola Garden telah menjadi magnet yang menarik diri saya untuk dapat mengambil bagian penting dibidang pertanian dan ketahanan pangan.

 

Anggur sangat menarik bagi saya  dan saya telah menggeluti bidang pertanian anggur sejak lama, ungkap Ekky. Saya dan rekan – rekan penghobi tanaman anggur tidak sendirian, kami berkomunitas diseluruh Indonesia mulai dari sabang sampai mauroke pun ada. Cita – cita kami bersama komunitas anggur Indonesia adalah mencapai swasembada anggur di Indonesia, bahkan lebih tinggi lagi yaitu Indonesia mampu mengekspor komoditi buah anggur untuk dunia. Banyak kekhawatiran kami dalam mengembangkan pertanian anggur modern yaitu kendala – kendala dan banyak lagi hal – hal butuh dukungan yang dari semua pihak seperti pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan stake holder lainnya.

 

Alhamdulillah pada hari minggu lalu, 03 Juli 2022 Ada Kegiatan diskusi terkait hal kekhawatiran tersebut dan jadi diskusi bersama di Agrowisata Anggola Garden. Ekky menambahkan ceritanya bahwa Diskusi  mengambil tema ” PERTANIAN MODERN DAN PROBLEMATIKA DALAM BUDI DAYA ANGGUR  DI INDONESIA”,

Kegiatan diskusi ini didukung penuh oleh Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI yaitu Dr. Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari, M.Si yg mewakili Dirjen Hortikultura dan Pertemuan diskusi dihadiri perwakilan Komunitas Anggur Banten, Jakarta, Bogor dan Bekasi.

 

Dalam Catatannya Ekky kepada awak media bahwa saat diskusi tersebut Roy Nurdin menyampaikan kegelisahan dan Kekhawatiran komunitas – komunitas anggur yang ada, kami komunitas anggur berharap kedepan, pusat dalam hal ini kementrian pertanian lebih serius lagi mendukung para penggiat anggur yg semakin lama semakin banyak jumlahnya di Indonesia, dapat membantu permasalahan yang ada dilapangan terutama terkait dgn legalitas variant anggur yang banyak di tanam di Indonesia. Roy Nurdin juga mengusulkan, kedepannya kementerian dapat mengumpulkan para penggiat anggur dari seluruh Indonesia untuk duduk bersama membicarakan dan mencarikan solusi atas permasalahan yg timbul dalam kegiatan ini, terutama masalah legalitas variant yang sudah banyak ditanam oleh masyarakat. Penyampaian tersebut di sambut baik dan diappreasi oleh Dr. Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari M.Si yang mewakili Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian dengan memberikan beberapa sertifikasi kepada peserta diskusi, ungkap Penutup cerita Ekky.

 

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button