Desa

Proyek Drainase Dinas PUTR di Desa Tanjungwangi Cicalengka, Cv Kerjakan Proyek Labrak Aturan Tanpa ada Papan Informasi

Seharusnya pihak dinas Putr Korwil memberi sangsi tegas kalau dianggap ada kenakalan dilapangan

BANDUNG,gerbangdesanews.com– Proyek pemerintah yang alokasi anggarananya bersumber dari APBD kabupaten Bandung Melalui Dinas PUTR yang dikerjakan Pihak Ke 3 menuai banyak tandanya beberapa awak media yang memonitoring kegiatan tersebut sebagai sosial control terhadap pengerjaan proyek pemerintah.Sabtu (11/6/2022).

Pengerjaan Drainase di wilayah Desa Tanjungwangi, ada dugaan sengaja sembunyikan nilai pagu anggaran, dengan tidak di temukanya papan Informasi kegiatan dilokasi  pengerjaan, sesuai Uu No 14 tahun 2008.

Dengan dasar hukum Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik adalah Pasal 20, Pasal 21, Pasal 28 F, dan Pasal 28 J Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.11 Nov 2019
Informasi tentang profil badan publik.

Ringkasan informasi tentang program dan/atau kegiatan yang sedang dijalankan dalam lingkungan badan publik.

Informasi tentang kinerja dalam lingkup badan publik berupa narasi realisasi program dan kegiatan yang telah maupun sedang dijalankan.

Untuk mengacu kedalam Uu diatas kami mencoba menanyakan kepada kepala desa Tanjungwangi melalui pesan Watshap dengan adanya kegiatan diwilayahnya, berapa nilai pagu dan dari dinas mana??

Iyus Rusman menjawab,  untuk Jenis kegiatan Drainase dari Dinas PUTR kalau terkait anggaran kami tidak tau, karena kami tidak ada kapasitas untuk menanyakan anggaran, desa hanya sebagai penerima manfaat itu  saja yang kami tau, jelas Iyus Rusmana.

Lain hal dengan keterangan pegawai yang kami tanyakan dilokasi langsung kegiatan, Dadang memberikan jawaban bahwa kami hanya pekerja, kalau Volume panjang 100m lari, pak !!

Mengenai papan informasi pelaksana yang membawa, katanya ada di dalam bagasi motor, kami hanya pegawai biasa, jawab Dadang.

Dari sumber informasi  warga sekitar yang tau persis proyek itu yang tidak mau disebutkan namanya, anggarannya saya dengar dari Aspirasi dewan PKB, dengan nilai  pagu 100 juta, ungkapnya.

Dengan informasi tersebut jelas pelaksana CV selaku pihak ketiga  yang tidak diketahui namanya dan no kontraknya, mengerjakan tidak ada transfaransi sama sekali mengenai jumlah pagu dan Volume serta sumber anggaran yang seharusnya di pasang di awal pekerjaan untuk memudahkan masyarakat ikut mengawasi kegiatan tersebut, ini sudah 4 hari kerja tidak ditemukan papan informasi dilokasi proyek.

Terlihat dalam foto galian dasar pondasi yang diduga terkesan asal asalan.
Terlihat dalam foto galian dasar pondasi yang diduga terkesan asal asalan dan papan informasi tidak ditemukan dilokasi proyek.

Bahkan kami lihat galian buat pondasi nya saja sangat dangkal bila terjadi hujan atau air bah akan mudah tergerus yang menimbulkan ambruknya Drainase saluran air tersebut.

Disini harus ada teguran tegas jangan seperti tahun- tahun sebelumnya banyak pengerjaan TPT atau Drainase asal jadi, kepada Cv yang mengerjakan selaku yang ditunjuk oleh Dinas Putr.Sayang kalau anggaran pemerintah hanya di jadikan serapan dan pemanfaatan oknum tertentu untuk mendulang keuntungan.

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button