Desa

Kena Gubris Wartawan Saat Cek Lokasi Proyek TPT Desa Narawita, Kades Pasang Papan Proyek Baru

Proyek TPT Yang Diduga Salah Prosedur

 

Bandung,Wartadesanews.com –Terkait adanya temuan pada saat pengerjaan Proyek TPT di jalan Rumpil dusun III, Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, kabupaten Bandung, pada Selasa 19 April 2022.

Kami menemukan kejanggalan di papan informasi  proyek TPT, tidak adanya nilai pagu anggaran tertera di papan informasi kegiatan, dengan alasan kades  Narawita H Holidin, saat dikonfirmasi pada selasa kemarin 19 April 2022 , hilang di gondol maling(orang) dan akan di buatkan papan informasi yang baru,

Tapi anehnya kenapa yang tidak tertera nilai  pagu anggaran yang di pasang dilokasi kalau ujungnya mau dibuatkan papan informasi yang baru, apa ada rencana hal lain.

Dengan keterangan seperti itu dari kepala desa, Maka kami menduga adanya pengurangan Speck bahan baku dalam pengerjaan tersebut kalau tidak di gubris,  karena penasaran dengan jawaban kepala desa maka untuk memastikan pada rabu 20 April sekira jam 11 :15 Wib siang kami cek kelokasi lagi, ternyata benar saja papan informasi yang baru sesuai perkataan kepala desa saat dikonfirmasi, sudah ada tercantum nilai pagu anggaran di papan informasi proyek tersebut.

Kami mencoba menanyakan kerekan media yang pada saat itu menginformasikan adanya kegiatan pembangunan TPT ,  terkait temuan tersebut pada selasa 19 April 2022 kemarin kata HD, saya juga heran dan merasa aneh bin ajaib yang anggap kami proyek tersebut Goib karena tidak tercantum nilai pagu anggaran, ternyata muncul juga proyek tersebut menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2022 yang di alokasikan untuk pembangunan tembok penyangga tebing senilai 47.611.500,00.

“Sungguh miris kenapa tidak dari awal dipasang setelah tau papan informasi itu hilang pada saat akan dikerjakan, jangan karena diambil maling dijadikan alasan untuk menjawab pertanyaan kami saat dipertanyakan, jelas HD

Disini kami menduga kalau tidak gubris bisa saja tidak diganti papan informasinya, karena ketahuan ada proyek sama wartawan online maka beralibi di ambil maling dan di ganti sama yang baru.

Kedisiplinan dan keterbukaan terhadap publik untuk penggunaan anggaran pada suatu proyek pemerintah harus ada transfaransi jangan mengundang tanda – tanya para awak media maupun pihak luar.

Kurangnya informasi untuk suatu kegiatan proyek baik nilai pagunya nya kecil atau besar, harus ada terpasang papan informasi kegiatan yang akurat sesuai amanah UU no 14 tahun 2008. Karena kurang lengkapnya informasi akan mudahnya seseorang melakuan tindak pidana korupsi baik disengaja atau tidak disengaja.

 

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button