Pendidikan
Trending

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN CIAMIS SELENGGARAKAN ACARA SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANG UNDANGAN TEMA ” SABER PUNGLI “

Ciamis – Dinas pendidikan kabupaten ciamis selenggarakan sosialisasi peraturan perundang undangan dengan tema Saber Pungli dengan nara sumber tim saber pungli provinsi Jawa Barat.kegiatan tersebut dilaksanakan di aula hotel Tyara Plaza Ciamis Rabu( 29/12/2021) dan terapkan prokes.

Acara dibuka secara langsung oleh kepala dinas pendidikan kabuparen Ciamis Bapak Dr.Asep Saeful Rahmat,S.IP.,M.SI serta dihadiri oleh komda jawa barat,kepala sekolah,kabid kasi dinas pendidikan dan tim saber pungli provinsi jawa barat.

Selanjutnya tim saber pungli menyampaikan bahwa Tim SABER PUNGLI sudah terbentuk dan akan menjalankan tugasnya.anggota saber pungli akan bekerja keras, serius dan berkomitmen dalam pemberantasan pungutan liar secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulkan efek jera kepada pelaku pungutan liar.terutama disektor pendidikan.

 

Sementara itu materi disampaikan oleh Tim Saber pungli provinsi jawa barat untuk memberikan pemahaman tentang saber pungli terutama disektor pendidikan terutama yang jadi sorotan dalam pengalokasian anggaran dana BOS,DAK dan KIP.disitu kekhawatiran akan terjadinya korupsi dalam pengelolaan anggarannya.

Drs.H MS Iryanto juga sebagai pemateri mengatakan di sektor pendidikan ada komite agar tidak terjadi pungli yang diakibatkan dari pungutan bilamana sekolah memerlukan sesuatu untuk keperluan sekolah sebaiknya dikordinasikan dahulu terutama dengan kepala dinas pendidikan untuk perencanaan buat sumbangan bantuan sehingga tidak terjadi pungli. pungli adalah pemungutan biaya yang di tempat tidak seharusnya di pungut biaya dan dilakukan secara paksa dengan adanya nominal yang ditetapkan dan waktu yang dibatasi sehingga tindakan pungli tersebut merupakan praktek kejahatan.pemahaman pungutan dan sumbangan sudah di atur dalam undang undang jadi sudah jelas aturannya.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Dr. H. Tatang, MPd selaku setda kabupaten ciamis dan memberikan arahan untuk pentingnya saber pungli agar semua pihak baik kepala sekolah terutama di sektor pendidikan untuk hati hati agar tidak ada pelanggaran dan terjadinya OTT.( Tons )

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button